Kabar edukasi hari ini

Video pilihan

17 April 2013

Pengantar ke Router MikroTik

Peranan Router didalam Jaringan Komputer

Router bertindak sebagai penghubung antara dua atau lebih jaringan komputer, sehingga memungkinkan dilakukannya pertukaran informasi serta komunikasi data antar jaringan-jaringan itu. Sebuah Router juga memiliki kemampuan untuk memilih route atau jalur pendek tercepat yang masih kosong pada saat itu ketika paket data ditransmisikan dari satu jaringan ke jaringan lain.

MikroTik RouterOS

RouterOS merupakan perangkat lunak sistem operasi yang secara khusus dirancang untuk keperluan routing jaringan komputer. RouterOS dilengkapi fitur-fitur yang memungkinkannya digunakan untuk pengelolaan jaringan komputer secara efektif dan berdaya guna. Perangkat lunak ini diciptakan oleh perusahaan MikroTik, dan lisensinya tersedia dalam beberapa level (level 0-6). RouterOS dengan lisensi level 6 (tertinggi) memiliki fitur paling lengkap jika dibandingkan dengan level-level lain dibawahnya.

Contoh Tampilan Layar MikroTik RouterOS

MikroTik RouterBoard

Selain software sistem operasi RouterOS, MikroTik juga menyediakan motherboard khusus disebut RouterBoard yang didalamnya sudah tertanam sistem operasi RouterOS. Harga sebuah RouterBoard salah satunya ditentukan oleh level lisensi RouterOS yang terpasang didalamnya. Namun, selain itu juga ditentukan pula oleh kelengkapan fitur hardware yang dimilikinya.

RouterBoard tipe RB750 dengan lisensi level 4

PC RouterOS

Bila anda memiliki PC tua yang sudah tidak terpakai lagi, mungkin bisa dimanfaatkan sebagai perangkat router, yakni dengan memasang RouterOS didalamnya. Terdapat spesifikasi minimal yang harus dipenuhi seperti Processor Pentium II atau yang setara, RAM 512 MByte, tersedia LAN Card dan Harddisk 10 GB atau lebih didalamnya.

Jika PC RouterOS menjadi pilihan untuk mendukung jaringan komputer anda, maka anda bisa membeli RouterOS dalam kemasan Compact Disc atau bisa pula memakai DOM (Disk On Module), dengaan level lisensi sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Fitur yang Tersedia pada RouterOS

Pemasangan Router MikroTik

Router MikroTik (baik PC RuterOS maupun RouterBoard) dipasang setelah perangkat Modem. Jadi, akses internet dari Modem dilewatkan Router MikroTik terlebih dahulu sebelum dibagi ke jaringan.

Contoh Pemasangan PC Router

Keuntungan Pemakaian Router MikroTik

  • Pengaturan akses internet dalam suatu jaringan komputer dapat dilakukan secara terpusat.
  • RouterOS membutuhkan spesifikasi hardware yang relatif rendah, sehingga murah.
  • Bandwidth akses internet yang tersedia untuk jaringan komputer dapat dikelola secara merata.
  • Pemakaian akses internet secara ilegal melalui jaringan yang ada dapat dicegah.
  • Mampu mendeteksi berbagai jenis ethernet card yang diproduksi oleh vendor-vendor yang berlainan.
Nah, apa pilihan anda, PC Router ataukah RouterBoard?


0 komentar :

Posting Komentar