Kabar edukasi hari ini

Video pilihan

16 April 2013

Konsep Image dan Grafis Komputer

Image dan Grafis Komputer

Manusia menggunakan indera penglihatan untuk melihat obyek disekitarnya. Kesan visual yang ditangkap oleh indera penglihatan ketika mengamati suatu obyek akan membentuk image atau citra atau gambaran. Kemudian, apabila image itu ditransformasi ke permukaan media tertentu maka terciptalah presentasi visual dari image tersebut, atau yang lebih dikenal dengan istilah grafis (graphic).

Grafis biasanya sengaja diciptakan seseorang dengan maksud sebagai pemberi tanda, informasi, ilustrasi, atau bahkan bisa pula hanya sekedar hiburan. Lantas, apakah grafis komputer itu? Grafis komputer dapat diartikan sebagai image dan pencitraan lain yang dikerjakan dengan menggunakan alat-bantu komputer.

Image Analog dan Image Digital

Image dapat dibedakan berdasarkan teknologinya, yakni image analog dan image digital. Dalam teknologi analog, gelombang direkam dan dipakai masih dalam bentuk aslinya. Contohnya pada kamera optik konvensional. Kamera jenis ini menangkap sinar pantul obyek serta merekam jejak intensitas warna cahaya ke media yang mengandung zat kimia peka-cahaya berupa klise film. Sinar pantul yang ditangkap kamera merupakan gelombang analog. Jadi, jejak yang terekam pada klise film juga masih berupa gelombang analog.

Sementara itu, dalam teknologi digital (misalnya pada kamera digital) materi analog dibagi-bagi berdasarkan interval tertentu, yang kemudian diubah menjadi bit serta disimpan dalam suatu media khusus yang bisa dibaca oleh komputer.  

Bit adalah satuan terkecil informasi yang diolah oleh komputer. Untuk menampilkan kembali materi analog itu, bit-bit yang tersimpan akan dikembalikan kedalam bentuk gelombang yang mendekati gelombang aslinya.

Sehubungan dengan analog dan digital yang sudah saya jelaskan diatas terdapat istilah digitize atau digitisasi, yakni proses konversi materi analog kedalam format digital. Digitize penting sebab image analog tak bisa dibaca maupun disimpan oleh komputer, sehingga perlu dikonversi menjadi bentuk digital, dengan demikian bisa dipakai dalam aplikasi berbasis komputer.

0 komentar :

Posting Komentar