Kabar edukasi hari ini

Video pilihan

17 Maret 2013

Resep Anti-Gagal dalam Membuat File CSV

File CSV sudah begitu umum dikalangan mereka yang sering berurusan dengan database. File CSV (Comma Separated Values) merupakan file berisi teks yang dipisahkan oleh karakter koma. File CSV bisa dilihat/dibaca dalam sembarang program, meskipun umumnya digunakan program spreadsheet seperti Microsoft Excel, OpenOffice Calc, Google Docs dsb.

Penggunaan file CSV untuk mengimpor data kedalam sebuah server database akan menjadikan pekerjaan lebih cepat, efisien dan menghemat waktu daripada harus memasukkan data satu-per-satu secara manual melalui form yang tersedia, seperti contoh yang saya lakukan ketika harus memasukkan data guru dan siswa kedalam server database dari website sekolah.

Pembuatan file CSV dapat dilakukan dengan memakai program teks editor biasa (contohnya Notepad), Microsoft Excel atau program CSV Editor. Untuk pemakaian CSV Editor akan kita bicarakan mendatang karena kali ini pilihan jatuh kepada Microsoft Excel. Alasannya? Bukanlah kita sudah sangat akrab dengan program spreadsheet populer ini?

Silahkan unduh saja tutorial selengkapnya disini.

1 komentar :

  1. TAEK BENER, LINK DI KLIK MALAH KAGAK ADA FILE YG KE DOWNLOAD. UDAH DI CEK BLOM NJING ?

    BalasHapus