Kabar edukasi hari ini

Video pilihan

01 April 2012

Manajemen File: Pemakaian Wildcards

Pemakaian wildcards populer dikalangan pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis teks (CUI), namun seiring dengan munculnya sistem operasi berbasis grafis (GUI) maka wildcards mungkin sudah jarang digunakannya lagi.

Meskipun demikian, menguasai dengan baik pemakaian wildcards akan sangat membantu anda dalam manajemen file, terutama dalam melakukan pencarian file (searching). Wildcards dapat digunakan dalam seluruh field pencarian, yang akan mempercepat proses kerja kita dalam melakukan pencarian file. Berikut wildcards yang perlu diketahui:

  • Asterisk (*) merepresentasikan sembarang kelompo karakter
  • Questions mark atau tanda tanya (?) merepresentasikan karakter tunggal apa saja
  • Tanda dollar ($) merepresentasikan sebuah karakter atau nol

Aturan Umum Mengenai Wildcards

  1. Wildcards boleh digunakan didalam atau pada bagian akhir dari term pencarian.
  2. Anda tidak boleh memakai wildcads setelah karakter khusus ( /, @, #)

Contoh Pemakaian Wildcards

Untuk memahami pemakaian wildcards dalam pekerjaan pencarian file secara cepat, silahkan buka terlebih dahulu Windows Explorer. Tentukan lokasi pencarian, misalnya Local Disk D, dan kemudian tekan CTRL+F untuk menuju ke kotak pencarian.

  • Untuk melakukan pencarian folder dan file bernama dan berekstensi apa saja, ketik *.* didalam search box dan kemudian tekan Enter. Maka seluruh folder dan file yang ada akan ditampilkan dalam hasil pencarian.
  • Untuk mencari seluruh folder dan file berekstensi DOC, ketik *.doc didalam search box.
  • Untuk mencari folder dan nama file yang mengandung nama tertentu (misalnya "Latihan") dengan ekstensi apa saja, gunakan term pencarian: Latihan.*

Anda bisa mengembangkan term pencarian dengan memakai wildcards lainnya. Selamat mencoba!
 

0 komentar :

Posting Komentar