Kabar edukasi hari ini

Video pilihan

29 Maret 2012

Introduction to Word 2007

Judul diatas kurang-lebih artinya, Pengantar ke Word 2007. Ya, inilah pengantar materi pembelajaran mengenai program aplikasi word proccessor (pengolah kata). Dan karena saat ini Labkom SMA Negeri 1 Cepu sudah menggunakan Microsoft Office 2007 maka munculah judul yang berbunyi seperti diatas!

Terdapat sejumlah alasan tersendiri mengapa saya memandang penting diberikannya pengantar ke Microsoft Word 2007. Salah satunya adalah bahwa antarmuka (interface) yang dimiliki oleh program aplikasi Word 2007 sudah berbeda dari versi-versi pendahulunya. Tahu sendiri kan kalau interface Word 2003 atau versi sebelumnya menggunakan sistem menu pull-down? 

Nah, untuk interface Word 2007 menggunakan sistem tabulasi ribbon, dimana setiap tab menu berisi kelompok-kelompok ikon yang disebut ribbon. Sebagai contoh, didalam tab menu File terdapat ribbon Font yang didalamnya berisi ikon-ikon perintah yang berhubungan dengan pemformatan font. Selain itu terdapat pula elemen lain yang tidak ada pada versi pendahulunya, yaitu Quick Access Toolbar dan Microsoft Office Button.

Bagaimana sebetulnya melakukan kustomisasi terhadap elemen-elemen layar Word 2007 ini? Jawabnya bisa Anda saksikan pada video pembelajaran berikut ini secara singkat:




Nah, cukup jelaskan kan? Sekarang saatnya Anda menggunakan Microsoft Word 2007 tanpa rasa canggung lagi. Semoga!

0 komentar :

Posting Komentar