Kabar edukasi hari ini

Video pilihan

12 September 2012

Piranti Lunak Komputer

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi pembelajaran ini diharapkan siswa mampu:
  1. Menjelaskan secara tepat definisi program komputer dan piranti lunak komputer.
  2. Menjelaskan secara singkat fungsi piranti lunak komputer.
  3. Menjelaskan secara singkat generasi perkembangan piranti lunak komputer.
  4. Menjelaskan lengkap dengan contoh klasifikasi piranti lunak komputer
  5. Mengidentifikasi piranti-piranti lunak aplikasi yang merupakan bawaan dari sistem operasi yang terpasang.

Definisi Software Komputer

Program komputer adalah set instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema atau bentuk lain yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca oleh mesin komputer akan mampu membuat komputer bekerja melakukan fungsi-fungsi khusus guna mencapai hasil khusus pula.

Set-set instruksi itu tersimpan dalam file, yang sering disebut sebagai Source Code. Software komputer merupakan kumpulan program komputer, prosedur dan dokumentasi yang membentuk tugas pada suatu sistem komputer.

Fungsi Software Komputer

Sofware komputer berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan hardware komputer. Software akan 'menterjemahkan' perintah-perintah yang dijalankan oleh pengguna untuk diteruskan ke atau diproses oleh hardware komputer. Kata "software" kadang-kadang digunakan dalam konteks yang lebih luas untuk memberi arti sesuatu yang bukan hardware namun dipakai dengan hardware, seperti misalnya CD installer, CD interaktif dsb.

Generasi Perkembangan Software Komputer

Generasi Pertama (Awal 1950)

Komputer generasi ini diprogram memakai satu set pengatur kontak yang terdiri atas puluhan saklar dan dial. Keadaan ON dan OFF dari saklar melambangan bit 1 dan bit 0. bit-bit itu disimpan pada media kartu berlubang (punch card). Dengan Punch Card inilah seorang programmer dapat mengatakan kepada mesin komputer APA, BAGAIMANA dan KAPAN bekerja.

Bentuk Punch Card pada Komputer IBM
Alat Pembaca dan Penulis Puch Card

Generasi Kedua (Pertengahan 1950)

Pada generasi ini program komputer dibuat memakai simbol-simbol yang disebut mnemonic dan assembler. Assembler adalah bahasa pemrograman yang menterjemahkan instruksi simbolik menjadi instruksi pemrosesan. Assembler tergolong sebagai bahasa pemrograman tingkat rendah (low lever programming). Contoh mnemonic adalah “STO” yang berfungsi sebagai instruksi menyimpan (STO = STORE).

Generasi Ketiga (Akhir 1950)

Pada generasi ini program komputer diciptakan mampu menginterpretasikan serta mengkompilasi kode-kode pemrograman. Pada tahun 1953 John Backus berhasil menciptakan program FORTRAN (FORmula TRANslation) yang dipakai untuk pemrograman komputer IBM 704. FORTRAN termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level programming).

John Backus Pencipta FORTRAN
Komputer IBM 704 yang Memakai FORTRAN

Kemunculan FORTRAN diikuti dengan berhasil diciptakannya COBOL, bahasa pemrograman yang diorientasikan untuk bisnis umum (Common Business Oriented Language) pada tahun 1959. Pada tahun 1968 FOTRAN ditetapkan menjadi bahasa pemrograman standar sesuai dengan rekomendasi ISO (International Standard Organization). Dua tahun kemudian (1970) muncul bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti PASCAL, ALGOL, BASIC, PL/1 dsb.

Generasi Keempat

Sudah memungkinkan membuat aplikasi komputer tanpa memakai bahasa pemrograman generasi sebelumnya. Tak perlu lagi menunjukkan BAGAIMANA komputer harus melaksanakan tugas, melainkan cukup menunjukkan APA yang komputer harus kerjakan. Program komputer generasi ini membutuhkan kapasitas hardware cukup besar.

Klasifikasi Software Komputer

Operating System (OS)

Operating System (OS) befungsi sebagai antarmuka (interface) antara pengguna dengan piranti keras komputer. Instruksi atau perintah OS yang diberikan oleh Pengguna akan mengatur kerja dari piranti keras komputer.

Pada OS berbasis teks (Character User Interface) pengguna harus mengetik perintah langsung melalui keyboard, sedangkan pada OS berbasis grafis (Graphic User Interface) pengguna dapat mengunakan perintah-perintah yang disajikan dalam bentuk menu dan ikon grafis.

Tampilan Layar Sistem Operasi Berbasis Teks (DOS)

Bahasa Pemrograman

Secara khusus bahasa pemrograman digunakan untuk menciptakan aplikasi komputer dalam bidang pekerjaan tertentu. Contoh bahasa pemrograman: Turbo Pascal, C++, dan Visual Basic.

Utility

Program aplikasi ini berfungsi lebih sebagai alat-bantu, misalnya untuk pekerjaan kompresi file, pembuatan partisi disk, pelindung port USB dsb. Terdapat banyak aplikasi utility dengan aneka fungsi, misalnya WinZip, WinRAR, Partition Magic, USB Write Protector, Deep Freeze dsb.

Aplikasi Perkantoran (Office Suite)

Paket aplikasi perkantoran umumnya terdiri atas pengolah kata (Word Processor), pengolah angka (Spreadsheet), pengolah presentasi (Presentation) serta pengolah basis-data (Database).

Di pasaran tersedia paket aplikasi perkantoran yang tergolong sebagai propietary software, misalnya Microsoft Office dan StarOffice, namun ada juga yang tergolong sebagai open source sorfware misalnya OpenOffice. Baik komersial maupun yang gratis keduanya memiliki fitur yang tidak jauh berbeda.
Selain paket aplikasi perkantoran komersial dan gratis, juga terdapat aplikasi perkantoran yang tersedia online di internet seperti Zoho dan Google Doc.

Aplikasi Multimedia

Program aplikasi multimedia sering dipakai untuk membuat materi multimedia berbasis komputer yang melibatkan unsur audio-visual serta interaktivitas. Contoh program aplikasi multimedia antara lain Adobe Flash, Adobe Director, Camtasia Studio dsb.

Contoh Tampilan Camtasia Studio release 7.0

Aplikasi Internet

Dewasa ini banyak program aplikasi berbasis internet, antara lain Web Browser (Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Safari), Microsoft Outlook, mIRC, Yahoo! Messenger, Camfrog dsb.

Contoh Tampilan aplikasi Yahoo Messenger

Aplikasi Desain Grafis Komputer

Grafis komputer adalah gambar dan pencitraan lain yang dikerjakan memakai alat bantu komputer. Terdapat dua tipe grafis komputer, yaitu grafis berbasis bitmap dan grafis berbasis vektor. Grafis tipe pertama sering dipakai untuk memanipulasi fotografi. Program aplikasi grafis bitmap antara lain Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Gimp dsb.

Sementara itu grafis tipe kedua sering dipakai untuk membuat desain logo, ilustrasi, undangan, kop surat dsb. Program aplikasi vektor antara lain CorelDRAW, Inkscape, Macromedia Freehand dsb.

Aplikasi Bawaan Operating System

Operating System, terutama OS berbasis grafis (GUI), umumnya menyediakan beberapa program aplikasi sebagai bawaan. Beberapa program aplikasi yang menjadi bawaan dari OS Windows antara lain Internet Explorer, Notepad, Microsoft Paint, Windows Media Player, Sound Recorder, Windows Explorer, Microsoft Outlook Express dsb.

2 komentar :

  1. bLOG YANG KEREN... kasih masukkan dong blog saya...http://guru-ipa-pati.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Makasih atas kunjungannya. Blog udah saya masukkan, pasang juga link blog saya donk . . .

    BalasHapus