Kabar edukasi hari ini

Video pilihan

12 September 2012

Fungsi dan Proses Kerja Komputer

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ajar ini diharapkan siswa mampu:
  1. Menjelaskan perbedaan antara peralatan teknologi informasi dan peralatan teknologi komunikasi.
  2. Membuat gambar diagram blok arsitektur komputer modern von Newmann
  3. Menjelaskan secara singkat generasi-generasi perkembangan komputer dan perbedaan pada tiap-tiap generasi.
  4. Menjelaskan perbedaan pokok antara data dan informasi.
  5. Menjelaskan secara tepat pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi.
  6. Menggunakan gambar diagram blok guna menjelaskan siklus pemrosesan informasi
  7. Menjelaskan macam-macam piranti keras komputer beserta kegunaannya

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Terdapat beberapa contoh peralatan teknologi informasi, yaitu:
  • Radio, mesin elektronik penerima sinyal audio dari stasiun pemancar radio.
  • Televisi, mesin elektronik penerima sinyal audio-video dari stasiun pemancar televisi.
  • Komputer, mesin elektronik pengolah data digital menjadi informasi.
Selain itu terdapat juga peralatan teknologi komunikasi, seperti:
  • Telepon, mesin elektronik untuk melakukan percakapan jarak jauh.
  • Faksimile, mesin reproduksi fotografi (teks/gambar) jarak jauh.
  • Satelit, penerima dan pemancar sinyal telekomunikasi dari satu stasiun bumi ke stasiun bumi lainnya.
  • Modem, peralatan yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan sinyal data jarak jauh melalui teknik modulasi/demodulasi.

Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer modern saat ini masih didasarkan pada arsitektur yang diperkenalkan oleh John von Newmann pada tahun 1940. Arsitektur von Newmann membagi komputer menjadi 4 bagian utama, yaitu:
  1. Arithmetic Logic Unit (ALU), bagian yang melaksanakan perhitungan logika aritmetika.
  2. Control Unit, bagian pengendali proses.
  3. Storage Unit, bagian penyimpanan
  4. I/O Device, bagian yang menangani masukan dan keluaran.
Diagram Blok Mesin von Neumann

Generasi Perkembangan Komputer

Generasi perkembangan komputer didasarkan pada komponen elektronik utama yang digunakannya, yaitu vaccum tube, solid state, integrated circuit serta large scale integration. Berikut penjelasannya:

Komputer Generasi Pertama

Memakai komponen utama vaccum tube (tabung elektron) dan drum memory sehingga memiliki ukuran fisik relatif besar. ENIAC, komputer yang menggunakan komponen utama 19.000 buah tabung elektron (vaccum tube).

Eniac - Komputer Generasi Pertama

Komputer Generasi Kedua

Seiring dengan ditemukannya komponen solid state atau transistor pada tahun 1948 yang menggunakan bahan dasar silikon dan germanium, maka peranan vaccum tube digantikan oleh transistor serta memakai memori inti magnetik. Dengan demikian ukuran fisik komputer generasi ini lebih kecil dari pada generasi sebelumnya.Komputer yang menggunakan komponen utama transistor serta media penyimpan berupa pita magnetik.
Komputer Generasi Kedua

Komputer Generasi Ketiga

Dalam perkembangannya, transistor-transistor ternyata dapat dibentuk menjadi rangkaian terpadu (IC) yang dikemas dalam ukuran fisik yang jauh lebih kecil, sehingga ukuran komputer pada generasi ini jauh lebih kecil daripada generasi sebelumnya. Dari sinilah dimulainya era miniaturisasi komputer.

Komputer Generasi Ketiga

Komputer Generasi Keempat

Komputer generasi ini memakai komponen utama IC skala besar yang disebut LSI. Hal ini memungkinkan diciptakannya komputer portable.

Contoh APPLE II - Komputer Generasi IV

Klasifikasi Komputer

Mainframe Computer

Mainframe computer memiliki performa tinggi untuk melaksanakan komputasi skala besar yang membutuhkan ketersediaan serta keamanan lebih besar.

Contoh Mainframe IBM7094

Super Computer

Merupakan tipe komputer yang memiliki tingkat operasional tinggi. biasanya digunakan untuk aplikasi ilmiah dan teknik yang harus menangani database yang sangat besar atau melakukan jumlah komputasi yang besar (atau keduanya).

Contoh Super Computer Cray T90

Mini Computer

Adalah komputer multi-user yang kelasnya terletak diantara mainframe computer dan micro computer.

Contoh Mini Computer HP-3000

Micro Computer

Karakteristik umum komputer ini adalah secara fisik menempati ruang yang lebih kecil jika dibandingkan dengan mainframe, super komputer maupun mini computer.Terdapat dua model mikro komputer, yaitu Desktop Computer dan Portable Computer. Portabel komputer itu sendiri juga terdapat dua jenis yaitu Notebook Computer dan Handheld Computer. Contoh dari handheld computer adalah PDA.

Contoh PDA merk Dopod tipe P800W

Definisi Data dan Informasi

Apakah Data Itu?

Data merupakan bentuk jamak dari kata tunggal “datum” yang berarti fakta atau bagian dari fakta yang mengandung arti, yang dihubungkan dengan kenyataan. Data dapat berupa apa saja dan dapat ditemui dimana saja.

Apakah Informasi Itu?

Data menjadi ‘bahan mentah’ dari informasi. Informasi merupakan suatu pesan yang diterima serta bisa dipahami. Informasi didefinisikan pula sebagai pengetahuan yang diperoleh melalui studi, pengalaman atau instruksi.

Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi adalah studi, desain, pengembangan, implementasi, dukungan atau manajemen berbasis sistem informasi komputer, khususnya aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras komputer.

Teknologi informasi berkaitan dengan penggunaan mesin dan software komputer untuk mengubah, menyimpan, melindungi, mengolah, mengirimkan dan aman mengambil informasi. Jadi, Teknologi informasi dan komunikasi dapat diartikan sebagai istilah umum yang mencakup semua teknologi canggih dalam memanipulasi dan mengkomunikasikan informasi.

Siklus Pemrosesan Informasi

Siklus pemrosesan informasi terdiri atas elemen masukan, pemroses dan keluaran seperti diperlihatkan dalam gambar bagan berikut:

Diagram Blok Siklus Informasi

Input Device

Input device adalah piranti-piranti yang berfungsi memberikan masukan ke sistem komputer, baik berupa data maupun perintah. Beberapa yang tergolong sebagai input device antara lain Mouse Pointing, Keyboard, Disk Drive, CD Drive, Microphone dsb.

Gambar Aneka Piranti Masukan

Central Processing Unit

Central processing unit menjadi pusat pengolahan data menjadi informasi. Didalam bagian pemrosesan terdapat ALU, Control Unit serta Memory.

Diagram Blok Organisasi Mikroprocessor

Output Device

Output device berfungsi sebagai penampil informasi ke piranti atau peripheral yang sesuai. Contoh output device antara lain Monitor, LCD Projector, Printer, Disk Drive, CD Drive serta Active Speaker.

Contoh Aneka Piranti keluaran

Piranti Keras Komputer

Didalam komputer desktop modern, motherboard mengandung soket-soket Microprocessor dan Memory (RAM), slot-slot ekspansi serta piranti elektronik lainnya.

Microprocessor

Microprocessor menjadi komponen inti dari CPU. Kecepatan pemrosesan yang dapat dilakukannya didasarkan pada frekuensi sinyal trigger (clock) yang menjadi pemicu microprocessor itu. Terdapat banyak produsen komponen microprocessor, namun yang populer adalah Intel dan AMD. Intel memproduksi microprocessor Pentium yang terkenal itu.

Gambar Pemasangan Microprocessor pada Soketnya

Random Access Memory (RAM)

RAM menjadi tempat pemuatan serta penyimpanan sementara file-file sistem yang akan dieksekusi, serta data yang sedang disunting. RAM termasuk media penyimpan yang bersifat volatile, artinya menyimpan hanya ketika menerima aliran arus listrik.

Satuan yang sering digunakan untuk mengukur kapasitas RAM adalah Megabyte (MB) dan Gigabyte (GB). RAM dipasang di slot memori pada Motherboard. Perhatikan lekukan (nock) di bagian tengah yang mencegah kekeliruan pemasangan RAM pada slot.

Gambar Contoh Keping RAM
RAM Terpasang pada Slot Memori

Harddisk

Piranti ini terdiri atas cakram keras yang berfungsi sebagai media penyimpan, dilengkapi dengan rangkaian penggerak serta head baca/tulis (R/W Head). Harddisk menyimpan instalasi OS dan program aplikasi, serta file-file dokumen. Kinerja sebuah harddisk salah satunya ditentukan oleh tingginya perputaran cakram per menit (Rotation Per Minute atau RPM).

Konstruksi Bagian Dalam Harddisk

Harddisk tergolong media penyimpan yang bersifat non-volatile, artinya menyimpan secara permanen meskipun sudah tidak lagi menerima aliran arus listrik. Kapasitas sebuah harddisk sering diukur dalam satuan Gigabyte (GB).

Contoh Harddisk Eskternal merk Seagate

VGA Card

VGA Card merupakan kartu elektronik yang berfungsi menampung keluaran guna diumpankan ke piranti penampil seperti monitor atau LCD Projector. Kualitas VGA Card didasarkan pada kedalaman bit (bit depth) serta kapasitas memori yang dimilikinya. Umum tersedia “on-board”.

Contoh Produk VGA Card merk GigaByte GT-440

Sound Card

Sound Card mengandung saluran input dan saluran output. Saluran input berfungsi menerima masukan getaran suara (analog) melalui peripheral Microphone dan kemudian mengubahnya menjadi sinyal digital, sedangkan saluran output berfungsi mengubah sinyal output digital menjadi analog dan mengumpankannya ke peripheral Active Speaker. Sering tersedia “on-board”. Pada Sound Card, port input (mic) ditandai dengan warna merah, sedangkan port output (speaker) ditandai warna hijau.

Contoh Sound Card dan Konektornya

Network Interface Card (NIC)

NIC berfungsi sebagai piranti antarmuka (interface) sebuah PC dan jaringan komputer. Dengan piranti ini sebuah PC dapat terhubung ke suatu jaringan komputer sehingga dapat melakukan komunikasi data serta pertukaran informasi. Kecepatan transmisi data sebuah NIC diukur dalam satuan Kilobyte per Second (Kbps). Kini banyak tersedia “on-board”. Contoh NIC internal yang dapat dipasang ke slot PCI pada Motherboard:

Contoh Network Interface Card
Contoh Wireless LAN Card

Monitor

Monitor berfungsi sebagaipenampil keluaran. Secara fisik dikenal tipe monitor CRT dan monitor LCD. Kualitas sebuah monitor ditentukan berdasarkan kemampuannya menampilkan citra digital, baik dari segi resolusi maupun kedalaman bit-nya. Umumnya monitor CRT memiliki resolusi 1024x768 pixel dengan kedalaman warna 32 bit, sedangkan monitor LCD mampu bekerja pada resolusi lebih tinggi dari itu namun dengan kedalaman bit yang sama.

Contoh Bentuk Monitor CRT
Contoh LCD Monitor merk GTC
Contoh LCD Monitor Touch Screen

Pointing Device

Pointing device berfungsi sebagai alat penunjuk/pemilih menu dan perintah dalam OS maupun program aplikasi berbasis grafis.

Contoh Bentuk Trackball Pointing Device
Contoh Trackpad dan Mouse

Keyboard

Keyboard adalah papan ketik berisi set tombol karakter alfanumerik, numpad serta dilengkapi dengan sejumlah tombol fungsi.

Contoh Bentuk Umum Keyboard

CD/DVD Drive

Piranti ini berfungsi sebagai pembaca atau penulis ke media Compact Dic (CD) atau DVD.Power Supply Unit Power supply pada CPU menurunkan tegangan listrik arus bolak-balik (ac) serta mengubahnya menjadi tegangan listrik arus searah (dc). Tegangan DC yang dihasilkan memiliki kestabilan yang tinggi.

Contoh CD Drive Terpasang pada Casing CPU
Contoh Optical Drive pada Laptop

Reaksimu:

0 komentar :

Poskan Komentar