Kabar edukasi hari ini

Video pilihan

30 Juli 2012

UKG Online 2012 Hari Pertama di Blora Gagal

Pelaksanaan UKG Online 2012 di Kabupaten Blora pada hari pertama, Senin 30 Juli 2012, ternyata tidak dapat berjalan mulus seperti yang dibayangkan, tak terkecuali di TUK SMAN 1 CEPU. Meskipun koneksi internet yang tersedia sudah terbilang bagus akan tetapi sinkronisasi peserta ujian pada Server Pusat UKG tetap saja gagal. "Data yang diberikan server tidak valid", demikian bunyi pesan error yang muncul di layar ketika Operator atau Teknisi berusaha melakukan sinkronisasi peserta ujian.

Selaku Teknisi di TUK tersebut diatas, kegagalan ini sebenarnya sudah saya diprediksikan. Pada minggu malam (29/07) Tim dari Dindikpora Blora dan LPMP Jawa Tengah datang ke lokasi TUK SMAN 1 CEPU guna meninjau persiapan akhir. Pak Yasin selaku tim teknisi dari Dindikpora Blora menginstruksikan untuk mengganti piranti lunak TUG yang sudah terpasang dengan versi terbaru, baik pada Server Lokal maupun pada seluruh komputer Client.

Berikutnya adalah proses upload file yang berisi informasi registrasi TUK ke server. Proses ini dapat berjalan dengan baik, namun ternyata ketika dilakukan ujicoba sinkronisasi peserta ujian ternyata gagal. Pesan error yang ditampilkan persis seperti yang sudah saya sebutkan diatas.Penjelasan yang saya terima adalah bahwa hal tersebut tidak masalah, karena memang belum saatnya pelaksanaan ujian serta mungkin lebih disebabkan karena padatnya traffic pada saat itu. "Silahkan tunggu informasi berikutnya via email atau ponsel besok pagi", demikian kata Pak Yasin.

Saya jadi ragu. Jika dalam ujicoba malam ini saja belum membuahkan hasil, bagaimana dengan pelaksanaan sesungguhnya besok pagi. Dugaan saya ternyata tidak meleset. Pada pagi hari saat UKG Online dimulai sinkronisasi peserta ujian tetap tidak dapat dilakukan, tak berbeda dengan hasil ujicoba tadi malam. Sementara informasi teknis yang saya harapkan bisa mengatasi masalah ini tak kunjung saya terima. Yang bisa saya lakukan bersama dengan Pak Kusno selaku Pengawas adalah menenangkan peserta yang sudah mulai tampak gelisah.

Beruntung Pak Adi Purwanto selaku Kepala Dindikpora Kabupaten Blora hadir sekitar pukul 10.00 WIB guna meninjau pelaksanaan UKG Online. Lebih lanjut Beliau meminta kepada seluruh peserta untuk menunggu perkembangan hingga pukul 12.00 WIB. Akhirnya diputuskan bahwa jadwal UKG Online khusus hari pertama ini diundur pada hari Sabtu (04/08).


0 komentar :

Posting Komentar