Kabar edukasi hari ini

Video pilihan

21 April 2013

Mengenal Bitcoin (BTC)

Apa Sebenarnya Bitcoin?

Lazimnya alat pembayaran yang digunakan dalam bisnis online maupun online store adalah kartu kredit. Jika tak punya kartu kredit, alternatifnya adalah membayar melalui PayPal. Ini merupakan rekening online yang kita perlu melakukan deposit dana untuk bisa dipakai melakukan pembayaran secara online.

Kini muncul satu lagi alat pembayaran online yang disebut bitcoin (BTC). Bisa dikatakan Bitcoin merupakan mata uang digital. Jenis mata uang ini pertama kami diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto, yang disebutnya sebagai sistem pembayaran elektronik berbasis peer-to-peer anonim. Bitcoin dihasilkan dan dikirimkan berdasarkan protokol enskripsi sumber terbuka (open source encryption protocol) dan tidak dikendalikan oleh pusat otoritas manapun.

Satoshi Nakamoto
Setiap bitcoin dibagi kedalam 100 juta bagian lebih kecil yang disebut satoshis, didefinisikan oleh delapan tempat desiomal. Bitcoin bisa ditransfer melalui komputer dan smartphone tanpa melalui perantara lembaga perbankan. Transaksi dilakukan berdasarkan skema kunci enksripsi publik (public-key encryption). Sekarang ini bitcoin sudah banyak diterima oleh pengguna dari kalangan pedagang maupun pribadi sebagai alat pembayaran.

Siapkan Dulu Dompet Sebelum Memakai Bitcoin

Ya, anda harus memiliki dompet (wallet) untuk menyimpan bitcoin serta melakukan transaksi dengan bitcoin yang anda miliki. dompet bitcoin yang saya maksud diatas bisa berupa program yang terinstalasi di komputer atau pula berupa layanan dompet bitcoin berbasis web yang disediakan oleh pihak ketiga. Anda bisa gunakan program ini untuk menambahkan dompet bitcoin di komputer anda, atau untuk layanan dompet bitcoin berbasis web silahkan lihat tweet saya disini. Setelah terdaftar, anda akan memiliki sebuah alamat bitcoin misalnya terlihat seperti ini 14oSszKuE2bEqFNKe5qL9sdhDkhE3w77N1.

Dengan alamat itulah anda bisa bertransaksi bitcoin.

Contoh Transaksi Bitcoin

Saatnya Mengisi Dompet dengan Bitcoin Sebanyak-Banyaknya

Hanya mungkin pertanyaannya adalah dari mana kita bisa dapatkan bitcoin itu? Hmm... sebuah pertanyaan yang bagus. Untuk mendapatkan bitcoin pengisi dompet anda, bisa dilakukan beberapa cara:
  1. Mengisi dompet bitcoin dengan uang anda sendiri. Artinya, anda tukar uang anda dengan bitcoin seperti layaknya penukaran mata uang asing, dan kemudian bitcoin tersebut akan masuk ke dompet bitcoin anda. Ini bisa dikatakan anda melakukan deposit terhadap dompet bitcoin anda sendiri.
  2. Menjual barang/jasa dengan bitcoin sebagai alat pembayaran. Jika anda memiliki bisnis online atau toko online, maka anda bisa menyertakan bitcoin sebagai salah satu alternatif alat pembayaran.
  3. Mendapatkan bitcoin gratis dari aktivitas anda sehari-hari di internet. Misalnya melihat video di Youtube, mengunjungi situs dsb.

Bitcoin Gratis untuk Anda!

Berikut beberapa contoh aktivitas di internet yang bisa anda manfaatkan untuk menghasilkan bitcoin pengisi dompet anda.
  1. Menonton tayangan video di Youtube. Setiap hari akan tersedia sejumlah video yang harus anda saksikan untuk menghasilkan bitcoin.
  2. Mengunjungi situs-situs tertentu selama 5 menit.
  3. Bentuk aktifitas lain yang bisa menghasilkan bitcoin untuk anda.
Nah, siap mengisi dompet bitcoin sekarang?


3 komentar :

  1. Get Free Bitcoin Everyday $$$$

    http://patenblogger.blogspot.com/2013/05/get-free-bitcoin-everyday.html

    BalasHapus
  2. salam blogwalking gan, mantapz postingnya

    BalasHapus