Kabar edukasi hari ini

Video pilihan

23 Februari 2013

Mengatur dan Menggunakan Tombol pada Message Box

Sampai sejauh ini kita menggunakan perintah MsgBox untuk menampilkan suatu kotak pesan pada layar. Ini adalah pemakaian utamanya. Namun demikian kita bisa berbuat lebih banyak lagi dengan MsgBox karena ternyata perintah ini bisa menampilkan beberapa kombinasi tombol yang berbeda. Jika anda tidak mengatakan tombol manakah yang akan digunakan, maka tombol yang dipakai adalah tombol OK. Berikut tabel yang menunjukkan kombinasi tombol yang berbeda-beda pada perintah MsgBox.

Tombol Konstanta
OK vbOK
OK, Cancel vbOKCancel
Abort, Retry, Ignore vbAbortRetryIgnore
Yes, No, Cancel vbYesNoCancel
Yes, No vbYesNo
Retry, Cancel vbRetryCancel

Sebagai contoh, kita dapat menggunakan MsgBox untuk mengkonfirmasi suatu masukan yang diberikan oleh pengguna. Misalnya menanyakan apakah peserta sudah yakin dengan pilihannya dalam menjawab soal.

  • Mula-mula kita siapkan dulu subroutine untuk apabila pengguna memilih item jawaban benar, dan subroutine untuk apabila pengguna memilih item jawaban salah ketika menjawab soal. Sebut saja kedua subroutine itu sebagai JawabBenar dan JawabSalah.
Mendefinisikan Dua Subroutine Baru
  • Kemudian, didalam setiap subroutine tersebut diatas kita masukkan message box untuk mengkonfirmasi  jawaban yang telah diberikan. Untuk keperluan ini kita memakai message box dengan tombol Yes dan No.
Kode untuk Message Box dengan Tombol Yes-No
Sekarang, kedua subroutine diatas dapat disisipkan kedalam obyek-obyek pada slide. Pada contoh dibawah, subroutine JawabBenar disisipkan kedalam obyek E, sedangkan subroutine JawabSalah disisipkan ke obyek A, B, C dan D. (Baca kembali tulisan saya mengenai cara menyisipkan macro kedalam sebuah obyek disini).


Contoh hasilnya seperti berikut:



Tapi permasalahan belum selesai disini, karena kita perlu tindak lanjut atas konfirmasi yang diberikan oleh pengguna melalui message box diatas.

Bersambung . . .


1 komentar :

  1. Ok Gan Materi sangat bagus dan bermanfaat semoga terus berkreasi

    BalasHapus