Kabar edukasi hari ini

Video pilihan

10 September 2012

Jaringan Komputer dan Komunikasi Digital

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi pembelajaran ini diharapkan siswa mampu:
  1. Jenis teknologi dasar yang memungkinkan suatu komunikasi jarak jauh (telekomunikasi).
  2. Menjelaskan fungsi dan kegunaan jaringan komputer area lokal (LAN) dan jaringan komputer area luas (WAN)

Anatomi Dasar Jaringan Komputer

Apa itu Jaringan Komputer?

Dewasa ini pemakaian komputer 'stand alone' cenderung mulai ditinggalkan, dan makin banyak orang beralih ke pemakaian komputer model jaringan. Apakah jaringan komputer itu? Secara sederhanan jaringan komputer dapat diartikan sebagai sembarang sistem yang menghubungkan dua atau lebih komputer.

Jaringan Komputer memungkinkan Akses Internet di Sekolah

Mengapa Jaringan Komputer Penting?

Terdapat beberapa alasan mengapa jaringan komputer penting, yaitu:
  1. Para pengguna komputer didalam jaringan dapat berbagi hardware atau peripheral, sehingga mampu menghemat biaya.
  2. Para pengguna komputer didalam jaringan dapat berbagi data maupun program, sehingga meningkatkan efisiensi dan produktifitas.
  3. Seluruh pengguna didalam jaringan komputer dapat bekerjasama dalam berbagai cara.

Jaringan Area Lokal (Local Area Networks)

Jaringan area lokal atau LAN menghubungkan komputer-komputer yang secara fisik letaknya berdekatan, baik dalam satu ruangan, antar ruangan dalam satu gedung, maupun antar ruangan dalam dua gedung yang berdekatan. Secara umum LAN menggunakan media komunikasi yang sama berupa kabel. namun demikian, terdapat pula media komunikasi nirkabel yang menghubungkan setiap komputer melalui frekuensi radio. Jaringan semacam ini disebut juga sebagai jaringan wireless.
Local Area Networks

Jaringan Area Metropolitan (Metropolitan Area Networks)

Jaringan area metropolitan (MAN) merupakan suatu jaringan yang menghubungkan dua atau lebih jaringan area lokal (LAN) dalam satu kota.

Contoh Metropolitan Area Networks

Jaringan Area Luas (Wide Area Networks)

WAN atau jaringan area luas merupakan jaringan area metropolitan yang telah diperluas jangkauan koneksinya. WAN menghubungan antar LAN dan data ditransmisikan melalui backbone jaringan. yang dimaksud backbone jaringan adalah bagian dari infrastruktur jaringan komputer yang menghubungkan aneka kelompok jaringan serta menyediakan alur pertukaran informasi diantara LAN maupun sub-jaringan yang berbeda-beda.
Wide Area Networks

Komunikasi Data Didalam Jaringan

Protokol Jaringan

Supaya komunikasi antar komputer didalam jaringan dapat berlangsung dengan baik, maka diperlukan suatu protokol jaringan, yaitu aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan berlangsungnya hubungan, komunikasi serta perpindahan data antara dua atau lebih komputer. Protokol yang banyak digunakan oleh jaringan-jaringan komputer dunia saat ini adalah TCP/IP. Kita akan bahas lebih lanjut TCP/IP ini pada tulisan berikutnya.

Peranan Router (Penghala)

Komunikasi tidak hanya berlangsung didalam jaringan area lokal (LAN) saja, namun sering pula terjadi antara jaringan area lokal (LAN) dan jaringan area luas (WAN). Bagaimana sebenarnya komunikasi antar jaringan itu dapat berlangsung?

Dalam hal ini terdapat Router yang terlibat didalamnya. Router merupakan perangkat keras atau bisa pula perangkat lunak yang mengatur rute paket-paket data antar jaringan.Router bertindak sebagai penghubung antara dua atau lebih jaringan serta meneruskan paket-paket data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya.

Samakah Router dengan Swith (Hub)?

Tentu saja tidak sama. Hub atau switch yang sering dipakai dalam jaringan hanya bertindak sebagai alat penghubung semata untuk membentuk suatu jaringan area lokal. Sedangkan router lebih dari itu. Sebagai gambaran, Hub atau Switch dapat diibaratkan sebagai suatu jalanan, sementara Router yang menjadi penghubung antar jalanan itu.

Bandwidth

telah disebutkan diatas bahwa komunikasi dilaksanakan dengan cara mengirimkan paket-paket data. Kuantitas data yang dapat dikirimkan melalui media komunikasi dalam sejumlah waktu yang diberikan disebut sebagai Bandwidth. Bandwidth diukur dalam satuan Kilobyte per second (Kbps) atau Megabyte per second (Mbps).

Besar-kecilnya bandwidth pada suatu saat dalam suatu komunikasi data dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:
  • Kualitas media fisik jaringan (misalnya kualitas kabel yang digunakan)
  • Jumlah trafik didalam jaringan pada saat itu
  • Jenis koneksi jaringan yang digunakan

Contoh Komunikasi Data

Global Positioning System (GPS)

GPS pada mulanya dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Terdapat 24 satelit buatan yang mengelilingi bumi, dimana setiap satelit dilengkapi komputer, clock dan radio. Di bumi, penerima sinyal GPS dapat menggunakan sinyal pancar dari 3 hingga 4 satelit untuk menentukan posisinya.

Contoh Penerapan GPS

Automatic Teller Machine (ATM)

Pada dasarnya ATM merupakan terminal khusus yang dihubungkan ke komputer utama bank melalui jaringan komersial bank.
Contoh Infrastruktur ATM

Koneksi Komputer ke Jaringan

Terdapat pilihan untuk penghubungan komputer ke suatu jaringan yaitu koneksi langsung memakai kabel, memakai akses dial-up dengan memanfaatkan saluran telepon serta menggunakan internet untuk menemukan komputer yang diinginkan.

Koneksi Langsung

Koneksi secara langsung (dedicated) memiliki akses lebih cepat daripada pilihan koneksi lainnya karena memiliki kemampuan mengirimkan data hingga 100 Mbps. Didalam telekomunikasi, terdapat dua jenis jalur leasing yaitu T1 dan T3. Keduanya beroperasi pada kabel tembaga maupun serat optik. Sirkuit T1 mampu mengirimkan suara, data dan video dengan kecepatan hingga 1,5 Mbps, Sirkuit T3 mampu mengirimkan data dengan kecepatan hingga 45 Mbps, sedangkan untuk serat optik mampu mengirimkan data dengan kecepatan hingga 1 Gbps.

Koneksi Dial-Up

Koneksi dial-up membutuhkan piranti Modem, yang akan menghubungkan komputer melalui serial port ke saluran telepon. Koneksi dial-up memiliki kecepatan antara 28.0 bps hingga 56,6 Kbps.
Contoh Modem Dial-Up Internal
Contoh Modem Dial-Up Eksternal

Prinsip Kerja Modem Dial-Up

Prinsip kerja modem adalah sebagai berikut: Pada sisi pengiriman, komputer mengirimkan sinyal digital dan modem akan mengkonversi sinyal digital tersebut menjadi sinyal analog sehingga pesan atau data dapat dikirimkan melalui saluran telepon. Selanjutnya pada sisi penerimaan, pesan yang diterima berupa sinyal analog akan dikonversi kembali menjadi sinyal digital sehingga pesan dapat diproses oleh komputer.

Contoh Konversi Sinyal Analog ke bentuk Digital

Koneksi Broadband

Koneksi broadband memiliki bandwidth yang lebih lebar daripada bandwidth yang dimiliki oleh modem dial-up. Koneksi broadband disebut juga Digital Subscriber Line (DSL), yang berarti saluran pelanggan digital. DSL. DSL merupakan teknologi yang menyediakan penghantar data digital melalui kabel telepon yang ada di daerah setempat. Contoh koneksi broadband (DSL) adalah layanan Speedy yang disediakan oleh Telkom.
Contoh Modem DSL

Contoh lain koneksi broadband adalah TV Kabel, yang menyediakan koneksi jaringan cepat melalui jaringan televisi. Selain itu koneksi broadband juga dapat berupa saluran nirkabel yang menghubungkan komputer je jaringan melalui gelombang radio.

Teknologi Nirkabel

WIFI

Jaringan area lokal tanpa kabel atau Wireless Local Area Networks (WLAN) yang paling cepat adalah WI-FI. Teknologi WI-FI memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (memakai gelombang radio) didalam suatu jaringan komputer, termasuk koneksi internet berkecepatan tinggi. Standar WI-FI ditetapkan berdasarkan aturan IEE 802.11 yang dikeluarkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).
Logo Sertifikasi Wifi

Jarak jangkauan WI-FI dipengaruhi oleh obyek-obyek yang mungkin memblokir sinyal Wi-Fi, penempatan antena, serta saluran-saluran yang diperebutkan oleh piranti-piranti nirkabel lainnya pada tempat yang sama.

Bluetooth

Nama "bluetooth" sebetulnya diambil dari nama seorang saja di Denmark yang mampu mengatasi perbedaan agama di negaranya. Teknologi Bluetooth mampu mengatasi perbedaan ponsel, laptop serta PC sehingga memungkinkan semua perangkat ini berkomunikasi satu dengan lainnya.

Ilustrasi Komunikasi via Bluetooth




















 

0 komentar :

Posting Komentar