Kabar edukasi hari ini

Video pilihan

05 Maret 2012

Cara Setting Printer Canon MP145

Apa itu Peripheral Komputer

Bayangkan Anda memiliki sebuah komputer pribadi di rumah. Apabila belum dilengkapi dengan printer, scanner ataupun webcam, apakah lantas komputer Anda itu tidak bisa berfungsi? Tentu saja tidak. Komputer Anda tetap masih bisa digunakan, baik dilengkapi perangkat-perangkat yang saya sebutkan diatas ataukah tidak. Itulah peripheral! Peripheral komputer merupakan perangkat keras yang sebenarnya bukan termasuk bagian pokok dari sebuah sistim komputer, namun apabila ditambahkan mampu meningkatkan kegunaan dari sistim komputer tersebut.
Printer dapat meningkatkan fungsi sebuah komputer sehingga memiliki kemampuan mencetak file kedalam media kertas, demikian pula scanner akan menjadikan komputer memiliki kemampuan memindai gambar analog dan mengkonversinya ke bentuk yang bisa dibaca oleh komputer. Berikut ini Anda akan belajar menginstalasi sebuah printer kedalam sistim komputer. Disini saya gunakan printer Canon MP145 sebagai contoh. Meskipun demikian, untuk tipe atau merek lain kurang lebihnya hampir serupa.  
 
Ulasan singkat mengenai printer Canon MP145

Canon type MP145 merupakan jenis pencetak yang dilengkapi scanner sehingga bersifat multi-fungsi, yakni dapat digunakan untuk mencetak, memindai gambar serta melakukan penyalinan (fotocopy). Berikut beberapa keunggulan serta kelemahan yang dimiliki oleh printer Canon MP145:
  1. Dilengkapi cartridge color dan black, sehingga mampu mencetak berwarna (color) maupun hitam-putih (B/W).
  2. Bisa digunakan untuk memindah gambar, baik berwarna maupun monochrome.
  3. Bisa difungsikan sebagai mesin fotocopy skala kecil.
  4. Kemampuan cetak mampu hingga untuk kertas ukuran legal (21 x 35 cm), akan tetapi untuk pemindai dan fotocopy maksimal hanya berukuran kuarto (21 x29,7 cm).
  5. Berdasarkan pengalaman pribadi, printer Canon cenderung lebih sering terjadi masalah dengan Cartridge. Pabrikan merekomendasikan menggunakan cartridge orisinal setelah tinta habis (pengisian ulang dengan suntikan maupun sistim infus tidak disarankan).
  6. Kedua cartridge harus selalu terpasang sebab jika salah satu dari keduanya bermasalah (trouble) maka printer tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
Cara Melakukan Instalasi Printer

Berikut langkah-langkah menginstalasi printer Canon MP145:
  • Pastikan kabel USB serta kabel catudaya telah dipasang pada printer.
  • Pasanglah CD Driver yang disertakan dalam paket produk kedalam CDROM atau DVDROM, dan biarkan program didalamnya berjalan secara otomatis (autorun).
Memilih Regional

  • Pastikan pilihan pada Asia, dan kemudian klik tombol Maju
Memilih Metode Instalasi
  • Pilihlah opsi Instal Mudah. Opsi ini akan menginstalasi driver yang dibutuhkan, serta program-program aplikasi tambahan yang tersedia
Opsi-Opsi Instalasi

  • Klik tombol Instal untuk memulai proses instalasi
Persetujuan Lisensi

  • Anda harus menerima persetujuan lisensi penggunaan perangkat lunak yang disertakan. Jadi, klik saja tombol Ya.
  • Proses instalasi segera dimulai
Pendeteksian Printer
  • Pada saat setup meminta Anda untu kmenghubungkan printer ke komputer, pasanglah kabel data printer ke port USB komputer, dan pasang pula kabel catudaya printer ke sumberdaya listrik. Kemudian, hidupkan printer
Penyetelan Head Printer

  • Setelah setup berhasil mendeteksi keberadaan printer, selanjutnya dilakukan penyetelan head printer secara otomatis, klik saja tombol Maju
Pengesetan Selesai
  •  Pengesetan telah selesai, klik tombol Maju
PIXMA Extended Survey Program

  • Klik tombol Setuju untuk mengikuti program survei peningkatan PIXMA (sebenarnya Anda pilih Tidak Setuju pun juga tidak bermasalah)
Instalasi Selesai
  •  Klik tombol Keluar.
Sekarang, printer Anda sudah siap untuk digunakan.  



5 komentar :

  1. Mohon ijin untuk COPAS artikel ini di forum girilaya real groups.
    http://forum.girilaya.com


    ikut support juga
    http://pasienkartu.com
    http://tokobarkode.net

    BalasHapus
  2. punya file cd drivernya nggak gan ?
    punya saya hilang..

    BalasHapus
  3. Udh di instal. Tp gk bs nge scan. Gmn tuh gan? Salahnya dmn yaa

    BalasHapus
  4. Gan kalau driver hasil dowload knp gak bs dpt apkikasi scannernya.bs bantu gan?

    BalasHapus