Kabar edukasi hari ini

Video pilihan

02 Januari 2012

Karena Sudah Saatnya Guru Indonesia Go Blog!

Weblog
Weblog atau kadang-kadang sering disebut sebagai blog merupakan situs web yang terdiri dari deretan tulisan yang diatur dalam suatu urutan kronologi, sering diperbarui isinya dengan informasi-informasi terbaru untuk berbagai jenis topik Informasi yang disajikan biasanya ditulis sendiri oleh pemilik blog atau bisa pula berasal dari kontribusi pembaca.

Di internet banyak tersedia layanan weblog gratis. Dengan memanfaatkan layanan ini Anda bisa ciptakan blog sebanyak yang Anda inginkan untuk berbagai maksud dan tujuan. Dua layanan weblog gratis yang cukup populer adalah blogger.com dan wordpress.com. Karena gratis maka layanan yang mereka berikan adalah blog dengan memakai sub-domain mereka. Sebagai contoh, blog yang sedang Anda kunjungi ini dibuat dengan memakai layanan gratis dari blogger.com. itulah sebabnya alamat (url) dari blog ini adalah htt://pintarbelajartik.blogspot.com, bukan http://pintarbelajartik.com. Kalau mau memakai nama domain sendiri Anda bisa membeli sendiri nama domain itu, dengan tetap memanfaatkan hosting gratis yang disediakan oleh blogger.com atau wordpress.com, atau bisa berlangganan hosting sendiri pula.

Banyak manfaat yang bisa kita petik dengan memiliki atau mengelola blog, diantaranya:
  • Bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman apapun dengan orang lain.
  • Membangun komunitas atau jejaring sosial dalam bidang tertentu.
  • Memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat luas secara lebih personal.
  • Mendapatkan penghasilan pasif dari layanan periklanan online.
  • Sebagai media pembelajaran yang bisa diakses oleh siswa (dan juga siapapun) di internet, kapan saja dan dimana saja.
  • Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.
Jelas bahwa memiliki, membuat serta mengelola blog bukan dominasi mereka yang berkecimpung dalam dunia online internet saja. Guru pun juga boleh 'ngeblog'. Guru bisa komputer . . . ah itu sudah biasa. Guru yang juga seorang blogger? Nah, ini luar biasa!

Dalam setiap kesempatan saya sering mendorong teman-teman sesama guru, bahkan sesama guru komputer, untuk belajar bikin blog, akan tetapi banyak alasan klasik yang sering saya terima dari mereka. Mulai dari sibuk, tak punya waktu luang, hingga tak tahu apa yang harus ditulis.

Mengelola blog sebetulnya tak sesulit yang dibayangkan orang. Kita hanya perlu rajin update paling tidak satu bulan sekali harus ada yang kita tulis untuk blog kita. Kesulitan pertama umumnya terletak pada apa yang akan ditulis. Sebagai guru saya kira boleh-boleh saja nulis materi pelajaran untuk konten blog sendiri!

Jika Anda seorang guru yang masih awam dengan dunia blogging, tak ada kata terlambat untuk memulai. Untuk hal ini saya punya rekomendasi yang bagus dimana belajar blogging dari awal. Anda bisa membaca artikel-artikel terkait di Rosyid Belajar Blogging. Berikut link-link yang terkait sekaligus urutan langkah yang harus kita lakukan untuk membuat sebuah blog:
Nah, guru Indonesia . . . ayo saatnya go blog!

 

0 komentar :

Posting Komentar